Menghitung Jumlah Row SQL Server

Menghitung Jumlah Row (SQL Server)

Dalam suatu proses seringkali kita perlu mengetahui jumlah keseluruhan row dalam satu tabel, untuk mengetahui jumlah row suatu tabel dalam SQL Server cukup dilakukan dengan menjalankan query berikut :
SELECT COUNT(*) FROM SomeTable
Note : Dimana SomeTable merupakan nama table yang akan dicari jumlah rownya
Sebagai contoh kita akan melihat jumlah Row dalam Table Ta_SPJ_Bukti dalam Aplikasi SimDa versi 2.7

Untuk tabel dengan jumlah row sedikit, query ini tidak berpengaruh banyak, namun untuk jumlah row yang banyak query ini cukup berpotensi membebani kinerja dari sistem.

Dalam SQL Server ada sys.Objects dan sys.Partitions ;Sys.Object merupakan view yang menampilkan semua object yang ada dalam database, termasuk tabel, view, key dan lain-lain sedangkan Sys.Partitions merupakan view yang menampilkan data dari suatu object yang salah satu diantaranya adalah data jumlah row suatu table disuatu partisi; untuk lebih memahami sys.object dan sys.partition ini, jalankan query berikut :
SELECT * FROM Sys.Objects
SELECT * FROM Sys.Partitions

note; setiap tabel memiliki objectId dan menempati minimal satu partition. oleh karena itu kedua view ini bisa menjadi alternatif untuk menghitung jumlah row dari suatu table. Adapun contoh query untuk menghitung row ini dapat dilihat pada query berikut :
SELECT SUM(B.Rows) Rows
FROM Sys.Objects A
INNER JOIN Sys.Partitions B ON A.object_id= B.object_id
WHERE A.name = @SomeTable

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Menghitung Jumlah Row SQL Server"

  1. Bagus postingannya ... pengen bisa bljr query/programming simda jg ... mohon pencerahannya ...

    BalasHapus