Topologi Cloud Computing

Bagi sebagian orang mungkin akan bertanya-tanya apa itu Cloud Computing ? Cloud Computing yang dalam bahasa indonesia di kenal dengan istilah Komputasi Awan ialah suatu penggabungan pemanfaatan tekologi komputer (komputasi) dan layanan berbasis internet (awan), jadi secara ringkas nya cloud computing / komputasi awan adalah suatu layanan dari penyedia cloud computing yang memungkinkan kita untuk bisa menyimpan data atau file di internet (awan), dengan penyimpanan berbasis awan kita bisa mengakses file kita dimanapun dan kapanpun selama kita terkoneksi dengan jaringan internet.
Dari penjelasan tentang cloud computing diatas, ada banyak manfaat yang bisa kita ambil dari cloud teknologi computing tersebut  yaitu :
  1. Skalabilitas, yaitu dengan cloud computing kita bisa menambah kapasitas penyimpanan data kita tanpa harus membeli peralatan tambahan, misalnya hardisk dll. Kita cukup menambah kapasitas yang disediakan oleh penyedia layanan cloud computing.
  2. Aksesibilitas, yaitu kita bisa mengakses data kapanpun dan dimanapun kita berada, asal kita terkoneksi dengan internet, sehingga memudahkan kita mengakses data disaat yang penting.
  3. Keamanan, yaitu data kita bisa terjamin keamanan nya oleh penyedia layanan cloud computing, sehingga bagi perusahaan yang berbasis IT, data bisa disimpan secara aman di penyedia cloud computing. Itu juga mengurangi biaya yang diperlukan untuk mengamankan data perusahaan.
  4. Kreasi, yaitu para user bisa melakukan/mengembangkan kreasi atau project mereka tanpa harus mengirimkan project mereka secara langsung ke perusahaan, tapi user bisa mengirimkan nya lewat penyedia layanan cloud computing.
  5. Kecemasan, ketika terjadi bencana alam data milik kita tersimpan aman di cloud meskipun hardisk atau gadget kita rusak.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Topologi Cloud Computing"

Posting Komentar